Posts

PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) ( DOKUMEN III)

  PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) ( DOKUMEN III)     A.         Pengertian RPP   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih, yang dilengkapi dengan instrument penilaian dari 3 (tiga) ranah KD, yaitu ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan. RPP dikembangkan dari silabus dan bertujuan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi. Pengembangan RPP dilaksanakan bersamaan dengan pengembangan silabus saat melakukan analisis SKL, KI, dan KD.   B.        Komponen RPP   No Komponen Keterangan 1. Identitas ·       Nama Sekolah, Mata Pelajaran, Kelas/ Semester                                                                  : Tahun Pelajaran, dan Alokasi Waktu. ·       Format penulisan Alokasi waktu harus menunjukkan jumlah JP. Contoh : Alokasi Waktu =

PENGEMBANGAN SILABUS ( DOKUMEN II )

Image
  A.      Pengertian Silabus Silabus merupakan acuan pengembangan kerangka pembelajaran untuk setiap mata pelajaran. Silabus dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar isi untuk pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun pelajaran. Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pengembangan silabus dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada tingkat satuan pendidikan. Sekolah yang belum mampu mengembangkan silabus secara mandiri sebaiknya bergabung dengan sekolah lain melalui forum MGMP kabupaten/kota. Cabang Dinas Pendidikan setempat dapat memfasilitasi pengembangan silabus dengan membentuk sebuah tim yang terdiri dari para guru berpengalaman di bidangnya masing-masing.   B.      Diagram Alur Pengembangan Silabus   Keterangan :